Panti LKSA Wali Songo yang mengalami kerusakan berat di di Jalan Soekarno Hatta No 12 Kelurahan Talise Kota Palu

Tiada kata mengenal lelah, begitulah yang ditunjukkan para Forum Panti se Indonesia dalam merespon darurat kondisi Palu, Sigi dan Donggala. Ada 64 Panti di 4 kabupaten yang terdampak yang butuh segera direspon distribusi bantuan bahan pokok.

Bahu membahu panti seluruh Indonesia terutama yang terdekat seperti Forum Panti Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo. Sulawesi Selatan, sampai yang terjauh Forum Panti Bengkulu sudah dimulai bergantian sejak hari Sabtu 29 September 2018. Respon cepat dan terdekat dilakukan Forum Panti Sulawesi Barat dengan membawa bantuan seadanya dan memberikan uang buat para pengungsi yang sangat membutuhkan respon saat itu. Inilah juga yang mendasari semangat semua pegiat kemanusiaan di Donggala, Sigi dan Palu. Dalam berbagi peran dengan lembaga lainnya untuk memulihkan kondisi saat ini.

aufik Ridwan Wakil Ketua Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak menyampaikan Pos Tanggap Darurat Fornas Panti Sosial Asuhan Anak telah didirikan di beberapa lokasi. Hari ke 2 dengan membagikan beras dan mie depan jalan Durian 103 Kelurahan Kamonji Kota Palu tempat Panti Ar Rahman, dilanjutkan esoknya merespon kondisi perumnas kelurahan balaroa yang tenggelam rumahnya akibat pergerakan tanah dengan membuka dapur umum di Jalan Sungai Manonda Kota Palu, hari ke 3 merapat Forum Panti Balikpapan membawa bantuan 10 kontener yang langsung didistribusikan lewat Basarnas dan di Jalan Soekarno Hatta bersama Panti Wali Songo mendistribusikan bantuan ke panti dan masyarakat di sekitarnya dengan dukungan bantuan Forum Panti Gorontalo dan Forum Panti Balikpapan.

Hari ke 7 kedatangan Forum Panti Sulsel bersama 3 truck bantuannya, langsung didistribusikan ke Panti Pelita Hati untuk menjadi dapur umum 17 panti di Kabupaten Sigi. Selanjutnya distribusi bantuan ke Panti Ar Rahman yang menjadi sentral daerah terparah terkena Likuifaksi dan sudah menjadi dapur umum sejak hari ke 2, sudah 128 pengungsi yang bermukim disana, ditambah para pengungsi yang turun dari pegunungan setiap pagi dan siang.

Sejak komunikasi terbuka, banyak permintaan dari berbagai panti dan tim. Besok pagi tim akan menjangkau kabupaten Donggala untuk 5 panti disana, dan menyusuri pantai barat untuk membantu kondisi pengungsian yang ada disana. Kami sudah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Donggala untuk distribusinya, jelas Taufik.

Ardan Lelemappuji mengapresiasi semua Forum Panti yang telah melakukan respon luar biasa untuk Panti LKSA di Palu, Sigi dan Donggala. Ia menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa berkomunikasi, maklum saja kondisi komunikasi masih sulit. Namun kita bersyukur meski tidak bertemu, tapi sudah bergerak semuanya, berbagi peran dalam respon segera kebutuhan panti panti di Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *